Slider


PT. ASSIRY GROUP adalah kendaraan Pesantren Seni Rupa dan Al Quran yang ikut andil dalam menebarkan virus- virus di Indonesia dan manca negara. Berbagai bahan dan media yang sudah ditangani. Sejak 2003 PT. Assiry Group mencoba peruntungan bisnis dengan menggunakan bahan GRC untuk pembuatan motif ukiran, baik krawangan maupun masif. Disamping itu kami juga mulai menerima order membuat Kubah GRC satu paket dengan interior dan eksteriornya, antara lain : Kubah/Dome (Polos & Motif), Ceilling/Plafon (Polos & Motif), Cover Coloum Listplank (Polos & Motif), Clading Dinding ( Polos & Motif), List Profil, Sopi-sopi, Pot Bunga, Canopi, Juga Mengerjakan GRC Board, Kalsiplank Polos dan Motif Kayu Jati. .................. klik di sini


Liputan CV.Assiry Art

Artikel

GRC KUBAH

GRC Kerawangan

GRC Menara

Liputan Video

» » WORKSHOP KALIGRAFI TERAPAN BERSAMA MAHASISWA/I UIN WALISONGO DI PSKQ MODERN

Muhammad Assiry, 15 Oktober 2018







Workshop Kaligrafi terapan membuat kaligrafi GRC di Workshop PSKQ Modern & Assiry Art
bersama Mahasiswa/I UIN Walisongo Semarang.

Seni rupa Terapan atau biasa disebut dengan istilah Applied Art adalah suatu karya seni rupa yang memiliki nilai kegunaan atau fungsional sekaligus memiliki nilai seni. Karya seni rupa ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau pemenuhan kebutuhan sehari-hari secara materi, misalnya furniture, tekstil dan keramik. Membuat karya seni rupa terapan tidak sebebas membuat karya seni rupa murni karena di dalamnya harus mempertimbangkan persyaratan-persyaratan tertentu, seperti syarat keamanan (security), kenyamanan (comfortable), dan keluwesan dalam penggunaan (flexibility). Berikut karya seni yang termasuk ke dalam seni rupa terapan.

a. Seni Reklame
Seni reklame dapat digolongkan ke dalam seni rupa terapan, karena yang dihasilkan dalam seni ini memiliki fungsi sebagai pemberi informasi kepada masyarakat. Contoh seni reklame adalah spanduk dan baligho.

b. Seni Tekstil
Seni tekstil dapat digolongkan ke dalam seni rupa terapan, karena karya yang dihasilkan dalam seni ini berupa benda yang memilki unsur fungsional. Contoh dari seni tekstil adalah baju atau celana yang kita pakai sehari-hari.

c. Seni Keramik
Seni keramik dapat digolongkan ke dalam seni rupa terapan, karena hasil karya yang dihasilkan dalam seni ini memiliki unsur fungsional. Contoh dari seni keramik ini adalah keramik yang dipakai dalam lantai rumah. Tidak menutup kemungkinan juga seni keramik ini termasuk ke seni rupa murni, karena banyak hasil karya seni keramik dijadikan sebuah pajangan.

d. Seni Kriya
Seni kriya dapat digolongkan ke dalam seni rupa terapan, karena karya yang dihasilkan seni kriya ini berupa kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dihasilkan memiliki unsur fungsional. Contoh dari seni kriya ini adalah gerabah.

e. Seni Kaligrafi aplikatif
Seni kaligrafi aplikatif itu bisa dimasukkan ke dalam ragam seni terapan jika pengembangan media yang digunakan untuk pengolahan kaligrafi tidak sebatas karya penulisan saja di kertas atau kanvas tetapi berkembang pada berbagai media seperti yang dikembangkan di PSKQ Modern.
Ini hanya penggolongan seni terapan menurut pandangan saya yang awwam, tentu seni terapan bisa terus berkembang sesuai perkembangan jaman yang semakin pesat. Semoga Workshop kaligrafi terapan tentang pengolahan bahan GRC di Workshop PSKQ Modern untuk produk kaligrafi ini bisa terus berkembang dan bisa jadi ini menjadi alternatif bisnis ekonomi kreatif gaya baru dan modern.
Kudus, 13 Oktober 2018

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply