Slider


PT. ASSIRY GROUP adalah kendaraan Pesantren Seni Rupa dan Al Quran yang ikut andil dalam menebarkan virus- virus di Indonesia dan manca negara. Berbagai bahan dan media yang sudah ditangani. Sejak 2003 PT. Assiry Group mencoba peruntungan bisnis dengan menggunakan bahan GRC untuk pembuatan motif ukiran, baik krawangan maupun masif. Disamping itu kami juga mulai menerima order membuat Kubah GRC satu paket dengan interior dan eksteriornya, antara lain : Kubah/Dome (Polos & Motif), Ceilling/Plafon (Polos & Motif), Cover Coloum Listplank (Polos & Motif), Clading Dinding ( Polos & Motif), List Profil, Sopi-sopi, Pot Bunga, Canopi, Juga Mengerjakan GRC Board, Kalsiplank Polos dan Motif Kayu Jati. .................. klik di sini


Liputan CV.Assiry Art

Artikel

GRC KUBAH

GRC Kerawangan

GRC Menara

Liputan Video

» » » KOMPOSISI DAN BERAT RATA-RATA GRC PANEL CLADDING

Komposisi GRC diperoleh dari proses penelitian yang disandingkan dengan ilmu pengetahuan yang ada agar memperoleh hasil yang akurat. Penelitian dilakukan pada sifat dasar penyesuaian daya tarik, tekanan, kelenturan, kekuatan ditambah dengan perkiraan perilaku di bawah pengaruh beban sekunder seperti creep, respon termal dan pergerakan kelembaban.


Antara struktur logam dan bahan komposisi GRC memiliki beberapa perbedaan, antara lain logam secara umum bisa mengalami deformasi (perubahan bentuk), sedangkan sebagian besar komposit (khususnya GRC) lebih bersifat elastis. Namun perbedaan sifat dari bahan-bahan ini mempunyai mekanisme untuk penyerapan energy tinggi pada jenis dan tingkat keparahan beban eksternal, laminasi komposit kemungkinan dapat menunjukkan penurunan bertahap dalam property tetapi biasanya lebih tahan terhadap bencana. Kerusakan yang terjadi pada logam dan struktur komposit memiliki mekanisme perbaikan juga cukup berbeda pula. Karakteristik lainnya dari bahan komposit (GRC) yang tidak kalah penting adalah sifatnya yang tahan korosi, kapasitas redaman tinggi dan koefisien ekspansi termal rendah.

Bentuk panel Glassfiber Reinforced ini sama dengan bentuk panel beton pracetak pada umumnya, tetapi secara signifikan masih memiliki beberapa perbedaan. Misalnya, rata-rata panel GRC memiliki berat substansial lebih ringan dari panel beton pracetak. Berat GRC dapat mengurangi beban yang biasanya ditopang pada komponen struktur bangunan inti ketika memakai beton pracetak biasa. Selain itu, bingkai bangunan menjadi lebih ekonomis.

Sifat GRC yang ada selain tergantung dari bahan komposisinya, juga tergantung pada desain campuran dan metode pembuatan (semprot atau premix). Sifat khas untuk bahan GRC yang dibuat menggunakan semprotan dan proses premix disajikan dalam tabel dibawah ini.



Property

Spray (kg)
Premix (kg)
Berat Glassfibre
%
5
3
Kekuatan Kelenturan Ultimate (MOR)
Mpa
20-30
10_14
Batas Elastis Kelenturan (LOR)
Mpa
7 _11
5_8
Kekuatan Geser Interlaminator
Mpa
3_5
NA
Kekuatan Geser Diplanar
Mpa
3_5
NA
Dampak Kekuatan
Mpa
8_11
4_7
Kekuatan Tekanan
Kj/m2
10_25
10_15
Modulus Elastisitas
Gpa
10_20
10_10
Regangan Terhadap Kegagalan
%
0.6-1.2
0.1_0.2
Kepadatan Kering
t/m3
1.9-2.1
1.8-2.0
  

Bahan
Spray (kg)
Premix (kg)
Semen
50
50
Agregat Halus
50
50
Plastizer
0.5
0.5
Polimer
5
5
Air
13.5
14.5
AR Glassfibre
4.5-5%
2-3.5%

Standart komposisi GRC diatas digunakan sebagai patokan dalam menyiapkan campuran material/bahan baku produksi GRC pada beberapa produsen GRC. Namun pada beberapa kasus, standart komposisi GRC diatas bisa dimodifikasi menyesuaikan bahan vernacular yang tersedia dilingkungan sekitar.
Adapun berat GRC panel polos memiliki rata-rata berat sekitar 1,2 Kg per ketebalan 1mm untuk luasan 1m2. Berikut tabel berat panel dengan beberapa ketebalan panel GRC yang berbeda: 


Tebal/toleransi
Berat/m2 (kg)
4
± 0,5 mm
4,5 Kg
5
± 0,5 mm
6,0 Kg
6
± 0,7 mm
7,5 Kg
8
± 0,7 mm
9,0 Kg
10
± 1 mm
10,5 Kg
12
± 1 mm
13,5 Kg
 
Standar ukuran ketebalan dan berat diatas, biasanya dipakai pada estimasi berat dan ketebalan produk cladding GRC panel polos tanpa motif relief. Untuk produk GRC krawangan akan berbeda skala beratnya dengan produk panel cladding GRC.
 





«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply